Covid-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Diseases 2019 yang disebabkan oleh coronavirus. Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019. Sampai saat ini sudah 215 negara yang terjangkit coronavirus termasuk Indonesia, khususnya di Bojonegoro. Gejala utama covid-19 yaitu demam, batuk kering, dan kelelahan.

Bentuk kepedulian atas pandemi yang tengah terjadi, SAKA Bakti Husada Bojonegoro mengadakan webinar dengan tema “Peran Saka Bakti Husada Sebagai Pelopor Adaptasi Kebiasaan Baru di Masyarakat” pada Selasa (14/07/2020). Webinar ini dilaksanakan siang hari pukul 13.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan live streaming YouTube akun  Ilhami TV.

Webinar yang dimoderatori oleh M. Rouf Nasrullah dari DKC Bojonegoro ini bernarasumberkan narasumber terpilih dan inspiratif. Narasumber tersebut ialah dr. Lucky Imroah dari Kabid Kesehatan Masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan Bangun Setiyawan Nugroho yang merupakan Sekretaris Kwarcab Bojonegoro.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Lucky Imroah, menurut beliau ada beberapa kebiasaan baru yang harus diterapkan saat new normal pandemi covid-19. Kebiasaan baru tersebut yaitu, wajib pakai masker, tetap jaga jarak 1-2 meter, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, sedia hand sanitizer, makan makanan bergizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup, tidak bersalaman dulu, menggunakan uang elektronik, dan setibanya di rumah langsung mandi.

Beliau juga menghimbau kepada peserta webinar, khusunya kakak-kakak dan adik-adik SAKA Bakti Husada agar dapat menjadi pelopor dan pelapor untuk mencegah penyebaran covid-19. “Meskipun masih muda dan sehat, kita semua beresiko tertular dan menulari orang lain”, tuturnya.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Bangun Setiyawan Nugroho terkait Satuan Karya Pramuka (SAKA) Bakti Husada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bojonegoro. SAKA Bakti Husada merupakan unit atau lembaga pendidikan untuk kesehatan, adanya covid-19 banyak tantangan dan perubahan salah satunya pangkalan tidak bisa melakukan latihan seperti biasa.

Sekretaris Kwarcab Bojonegoro ini menyampaikan bahwa SAKA Bakti Husada sudah mendirikan pangkalan di sebagian besar puskesmas yang ada di Bojonegoro. Pada tahun ajaran baru 2020/2021 SAKA Bakti Husada melaksanan aktivitas pramuka dengan mengandalkan teknologi komunikasi yang cocok saat pandemi. Butuh kreativitas dan inovasi selama pandemi, pandemi ini tidak singkat dan butuh keterlibatan semua pihak yang berpikir positif dan turut aktif. Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Keseluruhan dari awal sampai akhir acara diberikan kelancaran. Webinar yang diadakan oleh SAKA Bakti Husada Bojonegoro ini dapat disimak melalui akun YouTube Ilhami TV (https://youtu.be/jSnMaHVrzf8). Salam Pramuka.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *